Jumat, 01 Juni 2018

Alat Musik Tradisonal Di Pulau Jawa

Musik menjadi bagian penting dalam budaya penduduk Jawa. Musik dimainkan tidak hanya dalam perayaan atau acara khusus bahkan di pelosok terpencil Jawa, kita dapat mendengar musik tradisional mengisi ruang dalam kehidupan sehari-hari orang.

Habiskan waktu Anda untuk menikmati Angklung, musik unik dari Jawa Barat. Suara indah itu sering membuat Anda sulit percaya bahwa melodi itu dihasilkan dari bambu sederhana. Mengacu pada catatan sejarah, Angklung memegang peranan penting dalam ritual tradisional, terutama di musim panen. Suara Angklung diyakini untuk menarik Dewi Sri (Nyi Sri Pohaci) seorang dewi yang membawa kesuburan di perkebunan padi petani dan kebahagiaan serta kesejahteraan bagi umat manusia.

Pindah ke Jawa Tengah, kita bisa menemukan musik paling populer di sana, Gamelan. Gamelan Jawa adalah orkestra dari berbagai instrumen. Irama yang dimainkan mencerminkan ketenangan dan harmoni dalam hidup, sesuai dengan filosofi yang dipraktekkan oleh sebagian besar orang Jawa. Musik gamelan melibatkan sejumlah besar instrumen. Ada perkusi kulit termasuk kendang dan gendang, beberapa perkusi logam seperti bonang, bonang penerus, kenong, kethuk, gambang, gong, jenis kelamin, saron, demung, slenthem, kempul, serta instrumen senar seperti rebab dan siter. Meskipun mungkin tampak begitu ramai, suara yang dihasilkan mengalir begitu lembut dan mempesona.

0 komentar: