Selasa, 18 April 2017

Info Terbaru Jalur Pendakian Gunung Guntur

Info Tasikmalaya - Gunung Guntur merupakan salah satu gunung berapi paling aktif pada dekade 1800-an. Tapi sejak itu aktivitasnya kembali menurun. Erupsi Gunung Guntur pada umumnya disertai dengan lelehan lava. Medan pendakian Gunung Guntur yang berketinggian 2.250 meter di atas permukaan laut (mdpl) dikenal berat karena tak terlindungi pepohonan.

Gunung Guntur tidak seperti gunung –gunung di daerah tropis lainnya. Gunung ini justru terlihat tandus dan gersang. Jalurnya pun di dominasi oleh savanna dan batuan kerikil kecil sisa letusan.jarang kita menjumpai pohon besar sepanjang lintasan pendakian yang bisa kita gunakan untuk berteduh. Terutama pada lintasan sesudah melewati curug citiis. Medan yang tandus dan gersang membuat gunung guntur lebih dikenal karena cuacanya yang liar. Tekanan angin dan suhu udara yang panas, bahkan bisa di bilang ganas. Saya sendiri mendaki gunung ini pada bulan Juni 2008.

Pendakian akan melewati tiga pos sebelum mencapai puncak. Adapun tiga pos tersebut adalah Pos 1 Kampung Citiis, Pos 2 Air Terjun Citiis, dan Pos 3 Pamulangan. Perjalanan dari Pos 1 menuju Pos 2 biasanya akan ditempuh dengan rata-rata waktu pendakian yakni satu jam. Dari Pos 2 menuju Puncak Gunung Guntur akan ditempuh dalam waktu 3-4 jam.

Apakah anda sedang mencari info terbaru Gunung Guntur? jika benar anda sedang membaca artikel yang tepat karena postingan kali ini Info Tasikmalaya akan meberikan referensi blog yang memberikan informasi dan berita terbaru tentang pendakian  Gunung Guntur.
Langsung saja kunjungi blognya

0 komentar: