-->

Jawa Timur Juga Punya Sleeping Buddha

- 01.25
Apakah anda sudah tahu bahwa Indonesia (khususnya Jawa Timur) mempunyai patung Budha tidur yang masuk ke dalam peringkat tiga besar dunia? Saya rasa masih banyak dari kita yang belum tahu, dan sayapun sebenarnya baru tahu beberapa waktu yang lalu.

Patung Budha ini terletak di dalam kompleks Maha Vihara Mojopahit Trowulan, tepatnya di desa Bejijong, Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto. Pada awal mulanya, tempat ini dibangun sebagai tempat beribadah bagi komunitas Agama Budha. Namun dalam perkembangannya tempat ini terbuka untuk umum. Sehingga semakin ramai lah tempat ini sebagai salah satu alternatif tempat wisata. Tidak ada batasan agama tertentu dilarang masuk ke dalam kawasan ini.

Menurut beberapa sumber yang saya dapatkan dari internet, dengan ukuran patung ini yang mencapai panjang 22 meter, lebar 6 meter, dan tinggi 4.5 meter, patung sleeping Buddha ini ditempatkan sebagai patung Budha terbesar di Indonesia dan menempati urutan ketiga setelah patung serupa yang berada di Thailand dan Nepal. Konon katanya patung ini menggambarkan wafatnya sang Budha, Sidharta Gautama, dalam kondisi tertidur. Patung ini dibuat dengan warna keemasan dan dibawahnya ada kolam kecil yang mengelilingi.

Selain patung sleeping Budha, ada juga miniatur Candi Borobudur dan beberapa patung Budha dalam berbagai posisi.

miniatur borobudurpatung budha

Jadi, masih mau pergi ke Thailand hanya untuk melihat patung Sleeping Buddha nih guys?

 

Start typing and press Enter to search